Kegiatan Imtihan Alquran SMK Roudlotul Huda Padang

Kegiatan Imtihan Alquran SMK Roudlotul Huda Padang

Kamis, 4 juni 2017, pihak sekolah melaksanakan kegiatan imtihan (ujian) Alquran bagi siswa kelas XII. Hal ini merupakan salah satu syarat kelulusan untuk kelas XII selama proses pembelajaran.  Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di masjid Insan Toda dan dibuka langsung oleh ustad Suhendi, M.Pd. I. selaku Koodinator Kurikulum. Beliau memberikan motivasi qurani kepada seluruh siswa mengenai keutamaan membaca Alquran. Beliau mengutip sebuah hadis Imam Al-Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” Kemudian acara beralih pada arahan dari Kepala SMK Roudlotul Huda Padang Ratu ustad Heri Sriyanto, S.Pd.  Beliau juga berpesan kepada para siswa mengenai kiat-kiat untuk tetap menumbuhkan semangat membaca, menghafal, dan menjaga hafalannya. Siswa pun mendengarkan dengan saksama agar mendapat kemudahan dan keberkahan dalam melaksanakan imtihan tersebut. Acara inti dimulai dengan bimbingan ustad Suhendi, M. Pd. I. dan ustadzah Lisna Oktaviani, S. Pd. I. selaku penguji imtihan Alquran. Imtihan dilakukan secara bergiliran, siswa maju ke depan dan diberikan beberapa pertanyaan mengenai hukum bacaan surat dan sambung ayat. Sebagian besar siswa menjawab dengan tenang dan baik. Walaupun sebagian ada yang gugup, tapi pada akhirnya semua siswa berhasil menyelesaikan imtihan dengan lancar. Beberapa tujuan kegiatan imtihan adalah agar siswa semakin mencintai Alquran, menjadi pribadi yang senantiasa dekat dengan Alquran, serta semangat menghafal dan menjaga hafalan Alquran. Acara ditutup dengan bersama-sama membaca doa mohon keberkahan Alquran. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah, bermanfaat bagi orang lain, dan diridoi Allah SWT.

Berita Lainnya
18/06/2017 - 01:17 PM   Dibaca: 12 kali

Komentar Berita

APA KOMENTAR ANDA...???
Nama Lengkap:
Komentar Anda:
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.