Sejarah SMK Roudlotul Huda

    SMK Roudlotul Huda Padang Ratu adalah Sekolah yang didirikan pada tahun 2014 bertempat di JL.KH Busthomil Karim Purwosari Kecamatan Padang Ratu Lampung Tengah, dan berdiri di atas tanah dengan luas ± 35 M3 dan panjang tanah ± 64 M3. SMK Roudlotul Huda Padang Ratu dipimpin Bapak Solihin, S.Pd.

    Sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta yang ada di Kecamatan Pulau Panggung. Sistem pembelajaran di SMK Roudlotul Huda Padang Ratu menggunakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). SMK Roudlotul Huda Padang Ratu mempunyai 35 siswa dengan 10 orang tenaga pengajar, 1 orang bagian Tata Usaha, dan 1 orang guru BP. SMK Roudlotul Huda Padang Ratu ini termasuk sekolah baru di wilayah Pekon Padang Ratu yang memiliki dua program studi atau jurusan yaitu Pertanian dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Sejak berdiri sampai saat ini SMK Roudlotul Huda Padang Ratu telah mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang masuk dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

    Visi,Misi dan Tujuan

    1.Visi 
    Visi yaitu keadaan yang dicita-citakan untuk berhasil, yang menjadi pengikat seluruh stakeholders atau unsur masyarakat. Dengan kata lain visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan masa depan yang diinginkan oleh suatu instansi atau organisasi. Dari uraian diatas dapat disimpulkan visi dari Sekolah SMK Roudlotul Huda Padang Ratu adalah mewujudkan SMK Roudlotul Huda Padang Ratu membentuk manusia muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi masyarakat dan negara. 

    2. Misi 
    Misi merupakan suatu pernyataan yang menetapkan apa yang harus dilaksanakan oleh instansi pemerintah atau swasta agar visi organisasi dapat tercapai dan berhasil dengan baik. Adapun tujuan dari perumusan visi adalah: 
    a.Sebagai tonggak dari perencanaan strategi.
    b.Sebagai pernyataan cita-cita organisasi.
    c.Sebagai landasan kerja organisasi.

    Dalam rangka mewujudkan visi sekolah maka dirumuskan misi sekolah sebagai berikut:
    1.Mampu menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna dan menurut tuntunan Al- Qur’an dan Al-Hadits.
    2.Mampu mengaktualisasikan nilai-nilai islam dalam hal pengalaman ajaran agama islam. 
    3.Pergaulan guru, siswa dan karyawan serta segenap warga sekolah yang ramah, sopan dan berakhlak. 
    4.Menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif. Dengan visi misi tersebut diatas diharapkan SMK Roudlotul Huda Padang Ratu mampu dalam melaksanakan program belajar mengajar dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan serta tuntunan agama atau norma yang berlaku, demi terwujudnya pembangunan Nasional dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

    Struktur Organisasi

    240850_ikon-google-play-store_663_382

    Tugas dan wewenang serta tanggung jawab dari masing-masing bagian terkait dalam penelitian tentang bagan organisasi SMK Roudlotul Huda secara terperinci diuraikan sebagai berikut :
    A.    Kepala Sekolah
    Tugas utama dari seorang kepala sekolah adalah sebagai pemimpin dalam sekolah, juga bertanggung jawab menangani pelaksanaan kegiatan sekolah, menetapkan peraturan – peraturan yang berlaku disekolah dan pembinaan terhadap tenaga staf, dewan guru, tata usaha dan siswa.
    B.    Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
    Wakil Kepala Urusan Kurikulum mempunyai tugas :
    a.    Menyusun Kalender Pendidikan
    b.    Menyusun program pengajaran ( Program tahunan dan semester )
    c.    Menyusun SK Pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya.
    d.    Menyusun Jadwal Pelajaran
    e.    Menyediakan Silabus seluruh Mata Pelajaran dan contoh format RPP
    f.    Menyusun program KBM dan analisis mata pelajaran
    g.    Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru.
    h.    Mengatasi hambatan terhadap KBM.
    i.    Mengkoordinasikan pelaksanaan KBM dan laporan pelaksanaan KBM.
     
    C.    Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
    Wakil Kepala Urusan Kesiswaan mempunyai tugas :
    a.    Menyusun Program pembinaan kesiswaan/OSIS.
    b.    Menegakkan Tata Tertib Sekolah
    c.    Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan ( 6 K ).
    d.    Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
    e.    Bekerjasama dengan para pembina kegiatan kesiswaan didalam menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
    f.    Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah.
    g.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala.
    h.    Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua murid.
    i.    Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan siswa penerima beasiswa.
     
    D.    Bendahara
    Bendahara bertugas untuk mengelola kegiatan keuangan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah meliputi kegiatan berikut ini :
    a.    Bersama bendahara komite sekolah mengkoordinir dan melaksanakan pengumpulan sumbangan dari orang tua/wali.
    b.    Mengkoordinir guru dan karyawan dalam peningkatan kesejahteraan.
    c.    Menyerahkan gaji bulanan pegawai rutin setiap awal bulan.
    d.    Mendayagunakan uang rutin sesuai dengan mata anggaran yang relevan.
    e.    Menyampaikan pertanggung jawaban penggunaan uang rutin kedinas pendidikan terkait.
    f.    Membuat pertanggungjawaban keuangan sekolah dengan sebaik-baiknya.
    E.    Kepala Tata Usaha
    Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas pelaksanaan ketatausahaan sekolah. Tugas dan fungsi utamanya antara lain yaitu mengolah administrasi harian, menyusun laporan-laporan administrasi, dan membuat laporan untuk Kepala Sekolah.
    F.    Guru
    Tugas seorang guru adalah menyusun perangkat pengajaran yang terdiri dari sebagai berikut :
    a.    Program tahunan.
    b.    Analisi Mata Pelajaran.
    c.    Program Semester.
    d.    Satuan Pelajaran.
    e.    Rencana Pengajaran.
    f.    Rencana evaluasi dan analisis hasil ulangan.
    g.    Program perbaikan dan pengayaan.
    h.    Melaksanakan tugas mengajar dan mendidik dengan baik sesuai program yang telah disusun pada point 1.
    i.    Menciptakan kondisi psikologis, sehingga motivasi dan kemauan belajar dapat berkembang dengan baik sesuai perkembangannya.
    j.    Membantu menyalurkan bakat dan minat siswa.
    k.    Ikut serta menjaga nama baik sekolah dan barang inventaris sekolah.
    l.    Melaksanakan tugas-tugas dan penuh tanggung jawab.
    m.    Mengisi absensi siswa dan mencatat kejadian yang dialami selama mengajar.
    n.    Membantu mengadakan bimbingan, agar siswa dapat belajar secara optimal.
    o.    Mengkordinasikan kegiatan-kegiatan siswa.
    p.    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan kepala sekolah.
    q.    Membuat inovasi baru demi kemajuan sekolah dan prestasi siswa.
    G.    Guru Bimbingan Konseling
    Membimbing dan membina siswa-siswi yang bermasalah dan memberikan pengarahan baik secara moral maupun spiritual. Adapun tugas sebagai Pendidik BK yaitu sebagai berikut :
    1.    Menyusun program bimbingan dan konseling dengan baik.
    2.    Mengumpulkan data-data siswa dengan lengkap.
    3.    Membuat catatan pribadi siswa.
    4.    Mengamati sikap dan tingkah laku siswa setiap hari.
    5.    Memberikan bantuan kepada siswa-siswi yang mengalami kesulitan belajar.
    6.    Mengadakan pertemuan dengan wali murid baik secara individu atau kelompok untuk dapat membantu prestasi siswa atau memperoleh saling pengertian antara sekolah dengan masyarakat serta orang tua.
    7.    Bekerjasama dengan masyarakat atau lembaga lain untuk memecahkan masalah yang berat.
    8.    Memonotoring kemajuan siswa disekolah maupun diluar sekolah.
    9.    Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepala sekolah.
    H.    Wali Kelas
    Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
    a.    Pengelolaan kelas.
    b.    Penyelenggaraan administrasi kelas.
    c.    Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa.
    d.    Pengisian daftar kumpulan nilai siswa.
    e.    Pembuatan catatan khusus tentang siswa.
    f.    Pengisian buku raport.
    g.    Pembagian buku raport.
    I.    Siswa – Siswi   
    Belajar untuk memahami dan mengetahui sesuatu yang disampaikan oleh seorang guru, dan mematuhi tata tertib yang berlaku.

     

    Sarana dan Prasarana

    240850_ikon-google-play-store_663_382

    Gedung SMK Roudlotul Huda yang berlokasi di Jalan Terusan Beranti Raya Pesawaran di bangun diatas tanah seluas 1184 M. Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki SMK Roudlotul Huda adalah sebagai berikut:

    No

    Jenis Ruangan

    Baik

    Luas Ruang

    Jumlah Ruang

    Luas Ruang

    ( M2 )

    A

    Administrasi

     

     

     

     

    1

    Ruang Kepala Sekolah

    1

    5 M2

     

     

    2

    Ruang Guru

    1

    10 M2

     

     

    3

    Ruang Pelayanan Administrasi

    1

    5 M2

     

     

    4

    Ruang Keuangan

    1

    5 M2

     

     

    B

    Kegiatan Belajar

     

     

     

     

    1

    Ruang Kelas

    6

    90 M2

    8

    120 M2

    2

    Ruang Laboratorium

    1

    20 M2

    2

    40 M2

    3

    Ruang Praktek / Bengkel

    1

      20 M2

    1

    40 M2

    C

    Penunjang Pendidikan

           

    1

    Ruang Perpustakaan

    1

      15 M2

     

     

    2

    Ruang Koprasi

    1

      10 M2

     

     

    3

    Ruang Pramuka, PMR.dll

    1

      42 M2

    3

    20 M2

    4

    Ruang Ibadah

    1

      5 M2

    2

    20 M2